LINE Clash of Vikings - MisterKeppo

        Selamat pagi KeppoMania...!!! Hayo siapa yang belum tau game Clash of Vikings (COV) acungkan kakinyaaa...ehehe... Game yang satu ini adalah game yang menguji kreatifitas dan kecerdasan kita dalam mengatur strategi untuk mempertahankan kota dan menyerang antar sesama viking. Game ini mirip dengan game Clash of Clans (COC), yang tentunya kalian sudah tau donk game terkenal yang satu ini. Jadi yang udah pernah main COC pasti paham banget tuh strategi-strateginya gimana, pasti main COV nya juga enteng yah...
        Game Mobile Clash of Vikings dirilis oleh PT. Kreon Mobile pada tahun 2015. Wah masih anget-anget nih. Game berbasis Social Network ini bekerjasama dengan aplikasi messenger LINE, nanti di dalam game kalian bisa saling kirim-kirim hadiah kepada sesama teman.
Game ini support Android Phone dengan System Requirement:
·         Dual Core 1.2 GHz CPU atau lebih.
·         RAM 1 GB atau lebih.
·         OS Gingerbread 2.3.3 ke atas.

Bagi yang mau mendownload game menantang ini silahkan klik link di bawah ini.
Rajin-rajin buka Facebook Official Page-nya bro. Soalnya suka ada kuis berhadiah...mantep deh pokoknya!
Yang mau nonton cuplikannya silahkan klik link di bawah ini.

Simak ulasan lengkap tentang cara bermain di Clash of Viking.
1.      Bangunan
a.      Town Hall
Ini adalah bangunan utama kamu. Town Hall (TH) sangat penting bagi bangsa vikings. Dengan mengupgrade Town Hall kamu bisa membuat bangunan kota yang lebih maju. Jika kamu menghancurkan Town Hall musuh, kamu akan mendapatkan kemenangan. Jika kamu menghancurkan lebih dari setengah dari bangunan musuh, great victory akan didapatkan. Dan jika kamu menghancurkan seluruh banguan kota, kamu akan mendapatkan flawless victory. Kotamu juga bisa menjadi sasaran viking yang lain. Maka bangunlah pertahanan untuk melindungi Town Hallmu.
b.      Gold Mine
Gold Mine merupakan tambang emasmu. Dengan mengupgrade Gold Mine, maka penghasilan emasmu akan semakin banyak.
c.       Gold Vault
Gold Vault menjaga agar gold mu tetap aman. Dengan mengupgradenya, Gold Vault akan dapat menyimpan gold lebih banyak dan bertahn dari serangan musuh lebih lama.
d.      Meat Shop
Meat Shop merupakan tempat penghasil daging. Dengan mengupgrade Meat Shop, maka penghasilan dagingmu akan semakin banyak.
e.       Meat Storage
Meat Storage menjaga agar dagingmu tetap aman dan segar. Dengan mengupgradenya, Meat Storage dapat menyimpan meat lebih banyak dan bertahan dari serangan musuh lebih lama.
f.       Worker’s Hut
Worker’s Hut adalah tempat para pekerjamu. Merekalah yang membuat bangunan dan mengupgrade bangunanmu. Untuk membuat hasil yang lebih cepat, bangun lebih banyak Worker’s hut untuk menyewa lebih banyak workers. Kalian bisa membelinya dengan Diamond.
g.      Boot Camp
Viking adalah ras pejuang. Boot camp melatih viking warriors yang agresif. Dengan upgrade, kamu bisa melatih pasukan dengan profesi yang lebih bervariasi.
h.      Troop Camp
Setelah pelatihan viking selesai, mereka akan tinggal di Troop Camp. Bangun lebih banyak dan upgrade Troop Camp agar dapat menampung lebih banyak viking.
i.        Hall of Union
Bergabunglah dengan teman-teman vikingmu di sini. Kalian bisa saling mengirim pasukan untuk membantu mempertahankan kota atau untuk menyerang kota musuh. Pasukan yang dikirimkan temanmu akan dinggal di Hall of Union ini. Upgrade Hall of Union agar pasukan bisa lebih banyak.
j.        War Statue
War Statue ini adalah tempat meningkatkan pasukan vikingmu. Research kekuatan untuk memperkuat pasukanmu dan rune spells milikmu. Untuk melakukan research tidak diperlukan worker nganggur, jadi jika kalian mempunyai meat dan gold lebih, research viking kalian agar jadi lebih kuat.
k.      Holy Shrine
Holy Shrine adalah tempat kamu membuat rune spells. Rune spells adalah kekuatan yang dapat kamu gunakan ketika kamu menyerang kota lawan. Ada 4 tipe rune spells, yaitu menyerang area lawan, menyembuhkan pasukanmu, meningkatkan serangan pasukanmu, dan memberi efek stun beberapa detik kepada pasukan dan bangunan pertahanan lawan.
Hammer of Thor (lv3)
Total damage            : 360
Biaya tempa              : 19.000 meat
Waktu tempa             : 30m
Target                        : Multiple
Target type                : Air & Ground

Blessing of Freyja (lv3)
Total heal                  : 1.000
Biaya tempa              : 26.000 meat
Waktu tempa             : 45m
Target                        : Single
Target type                : Air & Ground

Rage of Odin (lv1) blm ada modal buat research nih
Damage naik (%)      : 130
Peningkatan speed    : 3.00
Biaya tempa              : 29.000 meat
Waktu tempa             : 1h
Target                        : Single
Target type                : Air & Ground

Rune ke 4 (lupa. Holy Shrine-nya lagi diupgrade...nanti nyusul ya...kan biar penasaran.ehehe...)

l.        Witch Nest
Kamu bisa memanggil Witch di sini. Witch merapal sihir yang memperkuat damage serangan pasukanmu. Kamu bisa membeli bangunan Witch Nest dengan harga 150 Jade (Jade diperoleh dari Raid).
m.    Bomber Base
Kamu bisa memanggil Drop Ships di sini. Drop Ships terbang ke bangunan sumber daya musuh dan menurunkan Guinea Thieves untuk mengambil sumber daya milik musuh. Kamu bisa membeli bangunan ini sejarga 200 Jade.
n.      Hunter’s Hut
Kamu bisa memanggil Hunter di sini. Hunter mampu menyusup (dia mampu menghilang, sehingga bisa melewati Defense Wall) ke kota musuh dan menyerang bangunan pertahanan. Kamu bisa membeli bangunan ini seharga 250 Jade.
o.      Mysthic Altar
Kamu bisa memanggil para Hero yang legendaris di sini. Sampai saat ini baru ada 2 Hero, yaitu Fenrir dan Valkyrie. Kamu bisa membeli bangunan ini menggunakan Jade. Ketika kamu akan membeli bangunan ini seharga 4.500 Jade, perlu diingat bahwa kalian hanya bisa memilih 1 Hero saja untuk pertama kali. Pertimbangkan Hero mana yang akan kalian pilih. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jangan khawatir, kalian bisa memiliki keduanya. Namun kalian harus membaya 48.000 diamond. Waw...sungguh harga yang sangat mahhhaaalllll.....mending ditabung aja deh... soalnya Hero selanjutnya masih “coming soon”. Kita tunggu Hero yang lebih hebat!
p.      War Axe
War Axe memberi efek positif pada pasukanmu. Dengan mengupgrade, kamu bisa meningkatkan efek buff dari War Axe. Buff dari bangunan ini antara lain:
Meningkatkan damage
Meningkatkan hit point
Meningkatkan critical chance
Meningkatkan critical damage
Meningkatkan speed
Harga bangunan ini adalah 5.600 Jade
q.      Millitary Drum
Millitary Drum memberi efek positif untuk bangunan. Dengan mengupgrade, kamu bisa meningkatkan efek buff dari Military Drum. Buff dari bangunan ini antara lain:
Meningkatkan damage
Meningkatkan hit point
Meningkatkan critical chance
Meningkatkan damage
Meningkatkan critical defense chance
Harga bangunan ini adalah 5.600 Jade
r.       Bangunan pertahanan
Karena bangunan memiliki kemampuan yang bervariasi, maka saya akan ulas secara umum saja ya. Bangunan pertahanan diantaranya adalah Cannon, Watchtower, Howitzer, Air Harpoon, Drake Tower, Cranequin, Rapid Fire, Ice Tower, Defense Wall, Small Bomb, Trap Bomb, Mega Bomb, Toadstool, Air Bomb, Air Missile. Yang perlu kalian perhatikan adalah status dari masing-masing bangunan ini. Coba kalian cek satu-persatu, ada bangunan yang hanya menyerang musuh di darat, atau di udara saja, atau di darat dan udara. Perhatikan juga apakah bangunan tersebut menyerang target Single atau Multiple. Perhatikan juga attack speed dan Range bangunan terseebut ya, sehingga kalian dapat menempatkannya dengan posisi yang saling menjaga dan memberikan serangan yang optimal. Ayo atur strategi penempatan bangunan pertahananmu agar kota aman.
s.       Bangunan Ekstra
Bangunan-bangunan ini berfungsi untuk mengalihkan perhatian musuh, sehingga musuh tidak langsung menyerang bangunan-bangunan penting milikmu. Bangunan ekstra ini antara lain, Runestone, Altar, dan Landmark. Landmark hanya berfungsi sebagai pajangan saja, agar kota kalian terlihat indah dan beda dari kota lain.
t.        Barriers
Barriers adalah status kebal terhadap serangan. Ketika Barrier aktif, kamu tidak akan bisa diserang oleh musuh. Kamu bisa membelinya menggunakan Diamond.
Barrier 1 hari seharga 100 Diamond
Barrier 2 hari seharga 150 Diamond
Barrier 7 hari seharga 250 Diamond
Tapi sebenarnya kalian tidak harus membeli Barrier ini, karena kalian juga dapat memperoleh Barrier dari hasil menyerang ataupun diserang lawan.

2.      Pasukan
Pasukan Vikingmu bervariasi. Mereka memiliki kelebihan masing-masing untuk menyerang maupun bertahan. Yang menjadi kelebihan tersendiri dari game ini menurut saya adalah pasukannya yang sangat keren. Apalagi kalau sudah diupgrade, armornya gagah brooo....
a.      Little Fella lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 1.0s
Speed            : 22
Populasi        : 1
Damage         : 17 (serangan)
Hit point       : 85 (pertahanan)
Biaya pelatihan         : 60 meat
Waktu pelatihan        : 15s
b.      Fransisca Valkyrie lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single
Target type    : Air & Ground
Range            : 4 tile(s)
Attack speed : 1.0s
Speed            : 30
Populasi        : 1
Damage         : 13
Hit point       : 30
Biaya pelatihan         : 105 meat
Waktu pelatihan        :  21s
c.       Guinea Thief lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Bangunan sumberdaya (2x dmg)
Target            : Single
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 1.0s
Speed            : 40
Populasi        : 1
Damage         : 19
Hit point       : 43
Biaya pelatihan         : 60 meat
Waktu pelatihan        : 24s
Guinea Thief mengutamakan serangan pada bangunan sumberdaya musuh lebih dulu. Damage terhadap bangunan sumberdaya 2 kali lipat damage biasa.
d.      Big Brother lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Bangunan pertahanan
Target            : Single
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 2.0s
Speed            : 15
Populasi        : 5
Damage         : 38
Hit point       : 430
Biaya pelatihan         : 1.400 meat
Waktu pelatihan        : 1m30s
Big Brother merupakan troops yang memiliki HP yang tebal, sangat cocok untuk menahan serangan musuh. Taruh Big Brother di barisan depan! Perlu diingat bahwa populasi troop besar ini adalah 5. Jadi troop ini senilai dengan 5 troop little fella misalnya.
e.       Path Maker lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Defense Wall (40x dmg)
Target            : Multiple
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 1.0s
Speed            : 30
Populasi        : 1
Damage         : 22
Hit point       : 36
Biaya pelatihan         : 1.100 gold
Waktu pelatihan        : 1m30s
Path maker merupakan troops yang paling ampuh untuk menjebol Defense Wall musuh, karena damage akan dikali lipatkan. Bawalah Path Maker untuk menjebol pagar-pagar pertahanan musuh.
f.       Bomber Hawk lv3
Type              : Air unit
Prioritas         : Bangunan pertahanan
Target            : Multiple
Target type    : Ground
Range            : 0 tile(s)
Attack speed : 4.0s
Speed            : 20
Populasi        : 5
Damage         : 192
Hit point       : 216
Biaya pelatihan         : 1.700 meat
Waktu pelatihan        : 4m
Bomber Hawk mempunyai damage yang sangat besar, namun defense yang ia miliki sangat kecil. Oleh karena itu usahakan untuk menghancurkan Air Defense (Watch Tower, Drake Tower, Air Harpoon, Cranequin) musuhmu dulu.
g.      Burst Lady lv3
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Multiple
Target type    : Air & Ground
Range            : 3 tile(s)
Attack speed : 1.5s
Speed            : 20
Populasi        : 4
Damage         : 145
Hit point       : 153
Biaya pelatihan         : 1.800 meat
Waktu pelatihan        : 5m
Burst Lady merupakan salah satu troops darat dengan damage yang sangat besar. Cobalah gunakan combo Burst Lady + Witch sehingga serangan bertambah besar.
h.      First Aid Kid lv1
Type              : Air unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Multiple
Target type    : Ground
Range            : 5 tile(s)
Attack speed : 0.7s
Speed            : 20
Populasi        : 20
Damage         : 25
Hit point       : 500
Biaya pelatihan         : 5.000 meat
Waktu pelatihan        : 7m
Troops imut yang satu ini amat amat sangat berguna sekali banget deh....(alay banget ya...ehehe...). Kalian bisa mengombinasikan healnya dengan healing rune. Kebayang donk kalo tanker kita diheal terus, dijamin pasukan aman sentosa. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata First Aid Kid tidak bisa menyembuhkan unit udara.
i.        Vikopter lv1
Type              : Air unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Multiple
Target type    : Air & Ground
Range            : 3 tile(s)
Attack speed : 1.5s
Speed            : 20
Populasi        : 20
Damage         : 170
Hit point       : 1.700
Biaya pelatihan         : 8.000 gold
Waktu pelatihan        : 15m
Vikopter merupakan troops unit udara dengan damage yang sangat besar.
j.        Annihilator lv1
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single
Target type    : Gorund
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 2.5s
Speed            : 25
Populasi        : 25
Damage         : 600
Hit point        : 2.800
Biaya pelatihan         : 12.000 gold
Waktu pelatihan        : 20m
Salah satu keunggulan Annihilator adalah, ia mampu melewati Trap Toadstool tanpa terkena damage sedikitpun. Keren khaaannnn....!!!
k.      Fenrir lv1
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single (normal)/ Multiple (skill)
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 1.4s(normal)/2.5s(skill)
Speed            : 25
Populasi        : 1
Damage         : 100
Skill damage : 200
Hit point       : 1.650
Waktu recover          : 30m (ketika Hero dikalahkan,mereka hanya perlu beristirahat di Mysthic Altar)
Fenrir merupakan Hero yang dipanggil dari Mystic Altar. Hero ini sangat cocok dijadikan tanker karena pertahanannya yang kuat. Namun sayangnya ia memiliki attack speed yang lambat dari pada Valkyrie. Namun jangan khawatir karena ia memiliki damage yang sangat besar. Jadi sebanding lah... oh iya, ingat ya...ia tidak bisa menyerang musuh yang ada di udara.
l.        Valkyrie lv7 (punya saya baru lv 7 nih)
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single(normal)/Multiple(skill)
Target type    : Air & Ground
Range            : 6 tile(s)
Attack speed : 1.4s(normal)/2.0(skill)
Speed            : 35
Populasi        : 1
Damage         : 59
Skill damage : 109
Hit point       : 1.120
Waktu recover          : 34m
Hero yang satu ini memiliki kelebihan dibandingkan Fenrir, yaitu ia bisa menyerang musuh yang ada di udara. Namun damage nya tidak sebesar Fenrir. Meskipun begitu, jangan khawatir karena attack speed nya sangat cepat. Jadi sebanding lah... Valkyrie sangat cocok digunakan sebagai penyerang (DPS) karena memiliki jarak serangan yang cukup jauh dibandingkan dengan Fenrir.
m.    Witch (lv7. Punya saya baru lv7)
Type              : Air unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Multiple
Target type    : Air & Ground
Range            : 5 tile(s)
Cast speed    : 1.3s
Speed           : 35
Populasi        : 1
Damage naik (%)      : 124
Hit point                   : 438
Biaya pelatihan         : 19 Jade
Waktu pelatihan        : 20m
n.      Hunter (lv7)
Type              : Ground unit
Prioritas         : Bangunan pertahanan
Target            : Single
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 1.3s
Speed           : 27
Populasi        : 1
Damage        : 64
Hit point       : 530
Biaya pelatihan         : 19 Jade
Waktu pelatihan        : 20m
o.      Drop Ship (lv2)
Type              : Ground unit
Prioritas         : Target terdekat
Target            : Single
Target type    : Ground
Range            : 1 tile(s)
Attack speed : 0.2s
Speed                  : 22
Populasi               : 1
Transport             : 5
Hit point               : 341
Biaya pelatihan     : 16 Jade
Waktu pelatihan   : 20m

3.      Sistem
a.   Straight Winning. Hadiah ekstra untuk kemenangan beruntun. Kamu bisa melihatnya di layar sebelah kiri, yang bergambar bintang.
b.      Rebattle and Continue. Supply ulang pasukan secara instan dan lanjutkan serangan.
4.      Lain-lain (Tips & Trik)
a.      Bangun Bentengmu
·     Upgrade Town Hall-mu agar lebih kuat. Kamu juga akan mendapatkan bangunan baru serta upgrade level lebih tinggi.
·        Upgrade Bomb Trap-mu Chieftain!
b.      Latih Pasukan Vikingmu
·   Waktu tempa tiap-tiap job berbeda-beda. Jika perlu, kalian bisa menggunakan diamond sehingga pasukan kalian siap tempur.
c.       Raid & Invasi menuju kemenangan
·         Serang atau bertahan? Kalian perlu keduanya.
·         Rampas resource lawanmu sebanyak-banyaknya Chieftain!
·         Tahukah kamu bahwa lawanmu ditentukan dari jumlah Crown-mu.
·         Tahukah kamu bahwa musuh yang memiliki Town Hall di atas level 10 itu adalah NPC.
·     Diamond digunakan untuk membeli Worker’s Hut, skip waktu pembangunan, atau membeli Hero kedua. Jadi tabung diamondmu ya. Usahakan untuk tidak men-skip proses pembangunan.
·        Dapatkan Diamond gratis dari event-event COV, mengundang teman, membersihkan batu dan pohon di kotamu, friend raid (melawan viking dari daftar teman), dan yang paling menggiurkan adalah dari mengerjakan misi Achievements (untuk melihat achievements klik gambar piala).
·    Jade didapatkan dari hasil memenangkan Raid. Jadi jika Raidnya gagal sayang sekali kalian tidak akan mendapatkan hadiah Jade-nya. Semakin tinggi level boss Raid, semakin sulit mengalahkannya, tapi semakin banyak Jade yang diperoleh.
·    Terdapat tambahan Jade bagi yang mendapatkan title tertentu. Title tersebut antara lain jika menyerang pertama kali minimal 5% (First Attacker), membunuh boss (Boss Slayer), meratakan kota (Town Destroyer), dan mengakhiri Raid (Raid Finisher). Jangan bersedih jika kalian tidak mendapatkan salah satu title tersebut, karena kalian akan tetap mendapatkan hadiah Jade (Bergabung dengan raid).
d.      Bergabung dengan teman dan bangun Union
·   Kalian bisa membuat Union bersama teman. Jadilah Union terkuat dan dapatkan hadiah kemenangan kalian.
e.       Undang temanmu LINE Messenger-mu
·      Undang teman kalian untuk bermain bersama. Setiap 1 undangan kalian akan diberi 1 diamond. Jika teman-teman kalian menerima ajakan tersebut, maka bersiaplah untuk tambahan diamond sebagai tanda terimakasih kami.

Ayo tunjukan siapa Viking terkuat di dunia!

Tambahan:
Sekedar informasi untuk kalian yang Keppo banget, Clash of Vikings mempunyai saudara kembar yaitu Viking Wars KAKAO. Nah, jadi ada yang menggunakan aplikasi messenger LINE, ada juga yang menggunakan aplikasi messenger KAKAO. Sebenarnya sama aja kok, hanya ada sedikit perbedaan dari update game-nya saja. Viking Wars KAKAO release sudah ada sejak tahun 2013, dan sekarang lagi-lagi LINE menggaet game-game keren untuk bekerjasama.

No.
LINE Clash of Viking
Viking Wars KAKAO
1
Sistem Raid sudah tersedia
Sistem Raid belum tersedia
2
Mata uang Jade sudah tersedia
Mata uang Jade belum tersedia
3
Mystic Altar dibeli dengan 4.500 Jade
Mystic Altar dibeli dengan 300.000 Gold & Meat
4
Witch Nest, Bomber Base, dan Hunter’s Hut sudah tersedia
Witch Nest, Bomber Base, dan Hunter’s Hut belum tersedia
5
Town Hall maksimal level 10
Town Hall maksimal level 13
6
Little Fella maksimal level 3
Little Fella maksimal level 5
7
Fransisca Valkyrie maksimal level 3
Fransisca Valkyrie maksimal level 5
8
Guinea Thief maksimal level 3
- (masih mencari informasi)
9
Big Brother maksimal level 3
Big Brother maksimal level 5
10
Path Maker maksimal level 3
-
11
Bomber Hawk maksimal level 3
-
12
Burst Lady maksimal level 3
-
13
First Aid Kid maksimal level 1
-
14
Vikopter maksimal level 1
-
15
Annihilator maksimal level 1
-
16
Cannon max lv 10
Cannon max lv 12
17
Watch Tower max lv 10
Watch Tower max lv 11
18
Howitzer max lv 6
Howitzer max lv 7
19
Air Harpoon max lv 6
Air Harpoon max lv 9
20
Drake Tower max lv 6
Drake Tower max lv 12
21
Cranequin max lv 6
Cranequin max lv 6
22
Defense Wall max lv 8    175 pcs
Defense Wall max lv 11    (...) pcs
23
Boot Camp max lv 10
Boot Camp max lv 10
24
Gold Vault max lv 12
Gold Vault max lv 11
25
Meat Storage max lv 12
Meat Storage max lv 11
26
Holly Shrine max lv 4
Holly Shrine max lv 5
27
Ice Tower max lv 1
Ice Tower max lv 3
28
War Statue max lv 6
War Statue max lv 8
29
Hall of Union max lv 5
Hall of Union max lv 5
30
Mysthic Altar max lv 1
Mysthic Altar max lv 1
31
Gold Mine max lv 11
Gold Mine max lv 11
32
Meat Shop max lv 11
Meat Shop max lv 11
33
Rapid-Fire max lv 1
Rapid-Fire max lv 4
34
Troop Camp 6
Troop Camp 7
35
Hero max lv 31
Hero max lv 50
36
Harga hero ke 2 adalah 48.000 diamond
Harga hero ke 2 adalah 500 diamond
37
Witch Nest max lv 3
Blm tersedia
38
Hunter Hunt max lv 1
Blm tersedia
39
Bomber Base max lv 2
Blm tersedia
40
Millitary Drum max lv 3
Blm tersedia
41
War Axe max lv 3
Blm tersedia
          Update Clash of Vikings Juni 2015

Kalian bisa mendownload Viking Wars KAKAO di alamat berikut.

Bagi yang ingin bermain game ini bersama-sama silahkan untuk menuliskan ID Line kalian di kotak komentar. Berikut Daftar orang-orang yang bermain LINE Clash of Vikings. (no.1 itu ID Line saya...ehehe...add yah...)

No.
ID Line
ID Kakao
1
pranajomantara
pranarich
2


3
Ziezfuad

4
Michaelnathan2001

5
Izonk.faisal

6
Flee.22

7
Hawarihp

8
Choliselnasser

9
Littletupik

10
Rdauss

11
Ichal_zzzz

12
Ilhamfr30

13
Venzmoney

14
Yudhasekty

15
Baiueo

16
Irf4nseptian

17
Gorillasakti

18
Sfu_89

19
Endhops

20
Agusmuhdiaji

21
Jimmyjs

22
Syahkullah

23
Rokimif

24
Kebabbebek

25
Riskiamaulana

26
Rizkyyadi_s

27
Apw9

28
Hendratama

29
Zakyf

30
8822439

31
Agraisme

32
Prasetyosubandiro

33
Salim_66

34
Husainumar

35
Jowe22

36
Elite.mr

37
venzhel

38


39


40



Segini dulu deh yah ulasannya. MisterKeppo mau TAPA (Tanya Aja Pada Ahlinya) dulu..ehehe...biar tambah ilmu...
Silahkan untuk memberikan masukan yang membangun, sehingga artikel seelanjutnya di blog baru ini lebih baik...Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dan kekurangan...
Semoga artikel ini bermanfaat...
Salam KeppoMania!




Latest
Previous
Next Post »